Blog

Dorong Penjualan BUMDES dan UMKM Desa Pemenang Barat Provinsi NTB, FEB UI Adakan Pelatihan Pemasaran Digital

Dorong Penjualan BUMDES dan UMKM Desa Pemenang Barat Provinsi NTB, FEB UI Adakan Pelatihan Pemasaran Digital

Kabupaten Lombok Utara, 5 September 2022

Penulis: Desti Fitriani

Media sosial saat ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai sarana bersosialisasi secara virtual, namun juga dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran yang dapat menjangkau berbagai kalangan tanpa mengenal batas wilayah geografis. Datareportal (2022) menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-4 pengguna internet terbesar di dunia, dengan total pengguna sekitar 212 juta orang. Hal ini tentunya merupakan peluang yang sangat baik untuk seluruh pelaku usaha, termasuk BUMDES dan UMKM untuk memasarkan produk mereka lebih luas kepada publik.

Mendukung kemajuan usaha BUMDES dan UMKM, pada 5 September 2022 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di BUMDES Pemenang Barat, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi NTB serta mengikutsertakan para pelaku UMKM untuk  belajar menggunakan media sosial sebagai media pemasaran produknya. Pelatihan tersebut dibuka oleh Pemerintah Kecamatan Pemenang yang diwakili oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Desa (PMD), sedangkan materi yang diberikan dipaparkan oleh staf pengajar FEB UI, Desti Fitriani, SE.,AK., M.A, dan  dengan  membekali para pengurus BUMDES dan UMKM keterampilan  untuk membuat konten video singkat dari produk atau jasa yang mereka tawarkan untuk ditayangkan dalam media sosial seperti Instagram, Youtube dan Facebook dengan menggunakan aplikasi Inshot dan Capcut melalui gawai telepon genggam. Antusiasme dari para peserta sangat tinggi, hingga di penghujung pelatihan ini dipilih 3 (tiga) konten terbaik yang dibuat oleh para peserta yang kemudian diberikan penghargaan khusus.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para peserta dari BUMDES dan UMKKM Pemenang Barat dapat meningkatkan penjualan produk mereka, membangkitkan perekonomian desa, serta , meningkatkan keterampilan dan literasi digital bagi warga desa. (Des)