Blog

Tingkatkan Kapasitas Pengurus BUMDES Kabupaten Bogor, FEB UI Berikan Pembekalan untuk Perencanaan Bisnis dan Studi Kelayakan

Tingkatkan Kapasitas Pengurus BUMDES Kabupaten Bogor, FEB UI Berikan Pembekalan untuk Perencanaan Bisnis dan Studi Kelayakan

Kabupaten Bogor, 27 Maret 2023

Penulis: Desti Fitriani

Dalam mewujudkan BUMDES yang dikelola secara professional dan mampu bersaing di pasaran, peningkatan kompetensi dari para pengurusnya sangat diperlukan, mulai dari mengidentifikasi peluang usaha, mengukur kelayakannya, serta menyusun perencanaan bisnisnya. Perencanaan bisnis ini diperlukan tidak hanya untuk mengindentifikasi dan mengalokasikan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan usaha BUMDES, namun juga berperan sebagai dasar pertimbangan dari investor (pemerintah desa, perbankan, maupun investor swasta lainnya) dalam pengambilan keputusan apakah usaha yang akan dilakukan oleh BUMDES ini layak didanai atau tidak. Selain itu, studi kelayakan ini juga merupakan suatu persyaratan yang perlu dipenuhi dalam setiap persetujuan permodalan yang akan diberikan oleh pemerintah desa, dan dituangkan dalam peraturan desa.

BUMDES Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor secara berkala melakukan kegiatan peningkatan kapasitas bagi para pengurus BUMDES di Kabupaten Bogor. Pada Maret 2023 ini, FEB UI menjadi partner dengan menghadirkan staf pengajar FEB UI, Desti Fitriani, SE., Ak., M.A sebagai instruktur pelatihannya, dalam pembekalan pengetahuan dan keterampilan untuk menyusun perencanaan bisnis dan melakukan perhitungan studi kelayakan  kepada tidak kurang dari 90 pengurus BUMDES di Kabupaten Bogor, yang dibagi dalam 3 (tiga) batch pembekalan.

Diharapkan dengan diberikannya pelatihan ini, para pengurus BUMDES yang terpilih dapat memiliki keterampilan yang memadai dalam mengidentifikasi potensi desa, mengembangkan jenis-jenis usaha yang dimungkinkan berdasarkan potensi sumber daya yang dimiliki desa, dan menuangkannya ke dalam suatu dokumen perencanaan usaha yang terstruktur, sehingga memudahkan bagi para pengguna khususnya investor dalam pengambilan keputusan, serta menjadi pedoman bagi para pengurus BUMDES itu sendiri dalam implementasi program-programnya setelah proposal bisnisnya disetujui oleh pemerintah desa. (Des)